Tinggalkan komentar

Pengertian Fotografi Makro

Fotografi makro sebenarnya bukan sesuatu yang mahal lagi, karena sudah banyak alat-alat aksesoris fotografi yang cukup murah untuk  membantu dalam pembuatan sebuah foto makro. Foto Makro mengambil adalah objek yang kecil seperti binatang kecil atau obyek kecil lainnya untuk mengeksplorasi detail dan tekstur yang tidak tampak jelas secara kasat mata. Misalkan kita ingin memotret seekor lalat, secara kasat mata kita tidak dapat melihat secara detail tekstur lalat tersebut, tetapi jika di foto secara makro, maka tekstur tubuh lalat tersebut akan terlihat detail di foto.

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Fotografi Makro
– Kamera
– Lensa Kamera
– Alat Tambahan
– Lampu Flash Eksternal
– Flash Trigger
– Mini Tripod


Kamera, jelas kita membutuhkan alat ini, karena alat vitalnya adalah kamera. Khususnya kamera SLR atau DSLR, Baik Kamera Canon ataupun Nikon. DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflect.

Lensa Kamera, Lensa kamera juga merupakan alat vital, untuk menggunakan dalam foto makro adalah menggunakan Lensa fix 50mm. Baik Canon maupun Nikon. Tapi biasanya saya menggunakan Lensa Canon, karena kameranya canon.

Ring makro adalah alat bantu tambahan untuk fotografi makro. Ring Makro berfungsi untuk membalikan lensa yang terpasang di body kamera.

Makro Extension Tube, alat ini juga alat bantu tambahan untuk fotografi makro. Makro Extension Tube berguna untuk memberi jaran antara lensa dengan body kamera.

Lampu Flash Eksternal Kamera, Flash ini berguna untuk memberi cahaya tambahan, dan dengan lampu flash eksternal bisa membuat lebih detail pada obyek foto makro.

Flash Trigger, kita membutuhkan Trigger disini. Karena Lampu Flash Eksternal Kamera tidak kita pasang di body kamera, tetapi secara terpisah. Jika dipasang di body kamera beresiko karena cahaya yang di hasilkan lampu flash bisa terhalang oleh lensa kamera yang sudah diberi alat bantu tambahan untuk foto makro.

Mini Tripod, akan kita gunakan sebagai alat tambahan. fotografi makro membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi, gerakan sekecil apapun bisa berdampak pada foto makro yang kita ambil, untuk mengatasinya kita bisa menggunakan mini tripod.

Teknik dan Tips Fotografi Makro

Persiapan Pemotretan Fotografi Makro
Sebelum kita mulai sesi pemotretan, kita harus mantapkan niat kita terlebih dahulu. Karena membuat foto makro bisa dibilang gampang-gampang susah. Setelah kita sudah niat, baru kita siapkan alat-alat yang dibutuhkan.

Pasang Alat Tambahan Fotografi Makro
Sebelum lensa kamera di pasangkan alat tambahan Ring Makro atau Makro Extension Tube, pasang lensa seperti biasa terlebih dahulu. Kemudian setting diafragma atau bukaan lensa dengan menggunakan nilai F besar, misal F/22. Setelah di setting, copot lensa dan pasangkan alat tambahan tersebut. Kita harus setting diafragma terlebih dahulu karena setelah dipasangkan alat tambahan, lensa tidak akan terkonek ke body kamera, dan fokus juga akan secara manual. Jangan lupa pasang trigger di flash kamera juga.

Saat pemotretan Fotografi Makro
jika sudah memperoleh objek foto yang akan di foto makro, usahakan pelan-pelan dan tidak terburu-buru. Jika Obyek tersebut binatang kecil seperti lalat atau nyamuk, pasti jika kita dekati akan terbang, jadi usahakan pelan-pelan dan jangan melakukan gerakan yang mendadak.

Saran saya menggunakan speed minimal 60/s, agar goncangan pada lensa tidak terlalu besar. kecepatan atau speed 60/s adalah titik aman dalam pemotretan Fotografi Makro. Foto yang dihasilkan pasti akan gelap, untuk itu kita perlukan flash eksternal tambahan yang bisa diletakkan di samping kita yang mengarah ke obyek. Dengan bantuan mini tripod juga akan menambah ketenangan pada saat pemotretan.

Mungkin Foto Makro tidak sekali jepret jadi, tetapi beberapa kali jempret dan kita ambil yang paling bagus, foto di bawah saya ambil saat belajar Fotografi Makro, memang gampang-gampang susah, tetapi jika ada niat dan terus belajat pasti kita bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: